Pendidikan

TIM PKM Unimed Gelar Pendampingan Guru dalam Memanfaatkan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer di SD Swasta Riad Madani

MEDANTim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (Unimed), menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Guru Dalam Memanfaatkan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer di SD Swasta Riad Madani pada Sabtu 3 Agustus 2024.
Kegiatan ini dilakukan untuk membentuk sistem pembelajaran yang berorientasi Revolusi Industri 4.0.

Tim PKM yang beranggotakan Dr. Zulkifli Matondang, M.Si. sebagai ketua pelaksana, serta Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. dan Ir. Fahmy Syahputra S.Kom., M.Kom merupakan dosen Universitas Negeri Medan dari Fakultas Teknik. Ketiganya berbagi keresahan yang sama mengenai belum optimalnya sistem pembelajaran yang berorientasi Revolusi Industri 4.0 di sekolah-sekolah di Indonesia, sehingga pelaksanaan kegiatan ini ditujukan membentuk institusi pendidikan yang berwawasan ke depan dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses kegiatan belajar dan mengajarnya.

Zulkifli mengungkapkan bahwa sekolah-sekolah di bawah Yayasan Pendidikan RIAD Madani sudah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau disebut juga Computer Based Test (CBT).

“Akan tetapi dalam pelaksanaan ujian lainnya seperti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) masih menggunakan sistem Paper-Pencil Based Test (PBT). Tentunya hal ini menunjukkan adanya ketidaksinambungan dengan industri 4.0 yang sudah seharusnya menerapkan sistem pembelajaran menggunakan CBT” sebut Zulkifli.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 20 orang peserta terdiri dari guru dan petugas administrasi di Yayasan Pendidikan RIAD Madani. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini, peserta mampu mengaplikasikan software CBT, memfasilitasi pihak guru dalam melaksanakan ujian kepada siswa, memudahkan penilaian hasil ujian dan optimalisasi fungsi controlling sekolah dalam mengevaluasi kinerja guru dan perkembangan kompetensi siswa. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *