Peristiwa

Alim Muda Dan Jmi Sumut : Tolak Truk Melintas di Jalan Pancing 1 Dan Desak Pemko Perbaiki Jalan Rusak

Medan, Faktaonline.com – Aliansi Masyarakat Medan Utara Berdaulat (ALIM MUDA), Selasa Malam, 7 September 2021, sekitar pukul 21.30 WIB, melakukan aksi pasang spanduk, di Jalan Pancing 1, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan 2.

Spanduk yang dipasang merupakan spanduk pernyataan sikap dan pemberitahuan yang masing-masing berisikan persoalan penolakan truk masuk melintas, di Jalan Pancing 1 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan dan mendesak Pemko Medan agar segera merealisasikan perbaikan jalan yang rusak.

Dalam aksi nya, nyaris terjadi keributan karena adanya kepala truk trado yang masuk, ke Jalan Pancing 1, sehingga masyarakat secara spontanitas menyetop dan meminta truk agar putar balik keluar. Pengusiran kepala truk trado sempat terjadi beberapa kali, selama aksi tersebut.

Muhammad Ilyas, SHI, selaku koordinator ALIM MUDA menerangkan bahwa pemasangan spanduk ini merupakan salah satu wujud protes keresahan masyarakat kepada pemerintah karena jalan tak kunjung diperbaiki dan tidak ada kejelasan sikap aparat dan pejabat untuk melakukan penindakan pelanggaran penggunaan jalan yang tak sesuai dengan klasifikasi jalan, di Jalan Pancing 1 yang merupakan status Jalan Kota kelas III. Dimana sesuai dengan UU No. 22 Thn 2009, Tentang Lalu lintas dan Kelas Jalan, kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan dengan beban maksimal 8 ton.

“Karena pembiaran inilah masyarakat mengambil sikap pemasangan portal, di simpang Jalan Pancing setahun yang lalu sebagai upaya untuk pembatasan penggunaan jalan agar kendaraan yang melintas Jalan Pancing 1 tersebut, sesuai dengan kelas jalan yang telah ditentukan” katanya.

“Kebijakan pemerintah yang memihak kepada masyarakat sangat dinantikan. Karena dengan demikian masyarakat bisa merasakan kepastian hukum yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”, (Ujar Ilyas yang juga sebagai Divisi Advokasi Jurnalis Media Independent (JMI) Sumatera Utara). (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *