Pendidikan

78 Mahasiswa Dari Keluarga Kurang Mampu Di Taput Mendapat Beasiswa

Tarutung I Fakta Online.Com – Sebanyak 78 Mahasiswa/i yang berprestasi dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang kurang mampu di Kabupaten Tapanuli Utara mendapat bantuan beasiswa yang dananya bersumber dari Coorporate Sosicial Responsibility (CSR) SOL.

Ada pun Penyerahan Beasiswa kepada 78 Mahasiswa/i tersebut berasal dari 25 Desa disekitar proyek SOL dan kedua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Pahae Julu untuk tahun 2021/2022. Program beasiswa SOL dibidang Pendidikan.

Beasiswa ini diberikan untuk tingkat pendidikan Diploma dan Sarjana/ sederajat sebagai salah satu upaya untuk membantu anak-anak masyarakat yang berprestasi. Ada pun persyaratan yang di butuhkan kepada pelamar beasiswa tersebut diantaranya aktif kuliah maksimal semester 7, ayah atau ibu bukan ASN, BUMN, TNI, POLRI, Karyawan SOL dan memiliki IPK > 3.00 untuk PTN dan >3.50 untuk PTS. Program beasiswa SOL sudah dilakukan sejak Agustus 2018 dengan total anak yang sudah mendapatkan beasiswa sampai dengan Tahun 2021 adalah sebanyak 106 orang.

Besarnya beasiswa yang diberikan adalah Rp.3.000.000 per tahun (Jul – Des 2021 & Jan –Jun 2022) yang ditransfer langsung ke rekening penerima beasiswa. Program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa/i dan anak-anak sekolah untuk semakin bergiat belajar dan berprestasi demi cita-cita dan masa depan gemilang.

Kepala Bagian Perekonomian menyerahkan beasiswa tersebut dengan di dampingi Manager SOL Melva Samosir. Dengan “Visi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara adalah ” Sebagai Lumbung Pangan, Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Serta Daerah Tujuan Wisata” yang ditopang dengan delapan misi pembangunan di mana salah satu misi adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.

Untuk mewujudkan misi tersebut Pemkab Taput telah berupaya melaksanakan berbagai program untuk menjadikan Taput sebagai Lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas seperti sekolah gratis mulai dari tingkat SD sampai SMP sederajat, meningkatkan kompetensi guru, memberikan insentif kepada guru yang mengajar di desa terpencil, pembangunan sarana prasarana seperti pembenahan gedung sekolah, selain itu Pemkab Taput juga perhatian yang sungguh-sungguh kepada mahasiswa/i yang sedang mengikuti perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri melalui pemberian beasiswa baik dari APBD maupun dari stakeholders untuk meningkatkan semangat belajar para mahasiswa/i,”ujar Bupati mengawali sambutannya.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama CSR ini merupakan tanggung jawab sosial PT. SOL kepada masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan yang bermanfaat bagi perseroan sendiri maupun masyarakat Umum.

Dengan diberikannya bantuan ini diharapkan dapat mengurangi sebagian beban orang tua untuk dapat menyelesaikan pendidikan perkuliahan anaknya sehingga kelak mereka betul- betul menjadi manusia yang cerdas dan berguna ditengah-tengah bangsa dan negara.” Ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan bahwa, ini menjadi instrumen lebih giat, lebih tekun belajar untuk menuntut ilmu.
Kepada PT SOL kami mengucapkan banyak terima kasih, harapan kami ke depan SOL semakin meningkatkan peran sertanya untuk mewujudkan visi misi Pemkab Taput bukan hanya dalam bentuk CSR juga dalam bentuk pemberdayaan masyarakat untuk membantu masyarakat ke arah yang lebih baik dalam bidang pendidikan, ekonomi kerakyatan, lingkungan hidup, kesehatan dan lainnya.

Pimpinan PT. SOL Andrea Gunawan Diliharto memberikan dalam sambutannya mengatakan bahwa
“Program Beasiswa ini di berikan sebagai bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk membantu Pemda Taput dibidang pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Bupati taput sangat percaya bahwa pendidikan merupakan pilar penting dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Atas program Beasiswa ini perusahaan sangat hati-hati dalam seleksi yang sangat ketat untuk menentukan penerima Beasiswa. Bupati berharap mahasiswa/i menggunakan beasiswa ini sebaik mungkin agar sukses dimasa depan dan nanti akan tiba masanya yang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang lain,” ujarnya. (766HI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *